Plyground… Tempat Favourite Anak-anak

Selamat pagi sahabat berumpun..Pagi ini masih ditemani hujan…Tapi semangat belajar tak kunjung padam ya..hehehe…

Kali ini saya ingin sekali berbagi tentang tempat favoritnya anak-anak. Mana lagi kalau bukan playground. Tempat bermain ini menjadi favorit karena banyaknya area permainan anak yang membutuhkan kegiatan panjat panjat begitu. Pernah tidak sahabat sampai jengkel memperingatkan anak-anak agar tidak memanjat meja atau pagar rumah? Kalau saya sih sering banget.. Terus kira-kira anak-anak akan berhenti memanjat setelah kita larang? Sepanjang pengalaman saya, mereka malah makin semangat manjat. Mungkin adrenalinnya makin meningkat ketika kita melarang mereka ya hehehe…

Sejak saat itu, saya berhenti melarang mereka. Yang sekarang saya lakukan adalah mengajari mereka cara memanjat dan turun yang paling aman. Termasuk resiko-resiko jika terjatuh dan terluka. Saya berkeyakinan bahwa ketika mereka tahu cara menjaga diri mereka, mereka bisa lebih berhati-hati dalam mengeksplorasi tenaga mereka… Well, it can be said kalau mereka selalu surplus energi. Dan setiap kali surplus energi, biasanya mereka akan mudah tantrum jika energi itu tidak tersalurkan.

Maka saya selalu rajin mencari taman bermain setiap kali kami berkunjung ke kota-kota. Ini hal priotitas di cari kedua setelah perpustakaan hehehe… Banyak yang dapat dipelajari di taman bermain ini. Selain menyalurkan energi tadi, mereka juga belajar bersosialisasi. Belajar mengantri juga mereka dapatkan di sini. Terkadang juga belajar berkompromi dengan diri sendiri jika ada anak yang suka serobot antrian. Terutama buat mama nya sih belajar sabar untuk tidak terlalu handy memberikan pertolongan (It’s the hardest part).

Nah, jika para sahabat ingin mengajak anak-anak bermain di playground, siapkan barang-barang di bawah ini ya:

  1. Air minum: bermain di sini sungguh menguras energi. Pastikan anak-anak (dan kita) well hidrated ya…
  2. P3K : Yang sering saya bawa itu minyak tawon, betadine, dan plester
  3. Baju ganti dan alat mandi termasuk handuk kecil : terutama jika kita masih harus melanjutkan perjalanan dan playground nya outdoor. Anak-anak seringkali berkeringat ketika berkeringat. Keringkan keringat dan lap dengan tissue basah (jika memungkinkan bisa langsung mandi) lalu ganti baju dengan baju yang bersih.
  4. Makanan : biasanya roti atau biscuit menjadi andalan saya buat pengganjal perut yang lapar seusai bermain.

Yuuk main lagi… Hati-hati saat memanjat dan menuruni anak tangga ya… Selamat belajar dimanapun, kapanpun, dan pada siapapun….

Leave a comment